LOMBA AJANG ANIMASI TINGKAT SMK/SMA SE-ACEH
Lomba ajang animasi ini merupakan wadah bagi siswa SMA / SMK se- Aceh untuk mencari bakat dan meraih prestasi dalam bidang animasi. Program ini diupayakan untuk meningkatkan kualitas peserta didik, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia. Selain itu, lomba ini menjadi ajang silaturahmi Siswa SMK / SMA se- Aceh.
Tahapan | Kegiatan | Tanggal |
Tahap I | Pendaftaran dan unggah proposal serta link youtube | 22 Oktober – 16 November 2018 |
Tahap II | Seleksi proposal dan penilaian animasi tahap I | 18 November 2018 |
Tahap III | Pengumuman Peserta lolos Final yang akan diumumkan di website resmi http://tik.pnl.ac.id/lomba_animasi/ | 19 November 2018 |
Tahap IV | Final Lomba di Politeknik Negeri Lhokseumawe | 22 November 2018 |
Link Pendaftaran Lomba http://bit.ly/lomba_animasi
TEMA:
“STOP NARKOBA, RAIH PRESTASI”
DESKRIPSI:
Desain animasi adalah sebuah kompetisi pembuatan video animasi pendek dalam bentuk 2D/3D yang memberikan informasi dan pengenalan singkat yang unik dan menarik tentang meraih prestasi tanpa narkoba serta ada konten berisi sosialisasi bahaya narkoba untuk generasi muda.
KETENTUAN KARYA:
- Tim terdiri dari 3 anggota (1 sebagai ketua dan 2 sebagai anggota)
- Setiap tim harus mengunggah file dalam bentuk softcopy seperti yang sudah dijelaskan pada deskripsi.
- Karya dalam format .MP4 dengan durasi 7 – 10 menit tidak termasuk credit dengan resolusi minimal 1280×720 (720p).
- Film animasi harus memuat logo Politeknik Negeri Lhokseumawe dan Jurusan Teknologi Informasi PNL.
- Pembuatan film animasi harus menggunakan bantuan komputer.
- Unsur – unsur utama yang harus ada dalam film animasi antara lain: cerita, karakter/tokoh, environment & property, music & suara.
- Karya boleh dibuat dengan metode shader/rendering bebas (ray trace, realistic, kartun, dan lain-lain) serta boleh menggunakan plug-in kecuali dalam hal cerita, karakter, environment, property, dan musik serta suara.
- Karya merupakan produk animasi yang mengandung unsur konten sesuai tema yang ditentukan oleh panitia.
- Dewan juri dan panitia tidak bertanggung jawab bila terjadi tuntutan hukum dari pihak-pihak lain atas karya yang sudah dikirim, baik terkait dengan hak cipta, kepemilikan, karya intelektual, atau apapun lainnya.
- Merupakan karya orisinal dan tidak melanggar hak cipta (dilengkapi dengan surat pernyataan di atas materai 6000) yang dilampirkan dalam proposal.
- Keputusan juri bersifat final.
Penyisihan:
Pada babak penyisihan , peserta harus mengumpulkan proposal dan video teaser. Berikut merupakan ketentuan proposal & teaser
- Proposal harus ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Proposal ditulis dengan kertas A4 menggunakan font Times New Roman (12) spasi 1,5 maksimal 30 Halaman.
- Proposal berisi:
- Judul :
- Nama Tim :
- Anggota Tim :
- Asal Sekolah :
- Konsep Film Animasi :
- Storyboard :
- Link Teaser youtube :
- Surat pernyataan diatas materai 6000 tentang orisinal karya
- Proposal diunggah dengan format .pdf
- Durasi video teaser 5 – 8 menit.
- File video teaser diunggah di youtube dengan format nama : [Teaser_LOMBA_ANIMASI_TIK-PNL – ID Tim – Nama Tim – Judul Karya]
- Tautan YouTube yang didapat dari proses unggah harus disertakan pada saat pengumpulan proposal.
Batas pengumpulan karya untuk babak penyisihan ini yaitu tanggal 22 Oktober – 16 November 2018.
Terhadap semua karya animasi yang masuk, panitia akan memilih 10 karya animasi terbaik. Semua tim yang lolos akan diundang ke babak final dan diberi kesempatan untuk menyempurnakan karya animasinya dan mempersiapkan presentasi / pemutaran karya animasinya pada babak final.
Babak Final
Tim yang lolos ke babak final akan diumumkan di website http://tik.pnl.ac.id pada tanggal 19 November 2018. Babak finalnya sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 22 November 2018. Dalam babak final, peserta wajib hadir dalam acara pemutaran karya film animasi dan peserta akan mempresentasikan hasil karyanya langsung dihadapan dewan juri.
Kriteria Penilaian
- Kesesuaian konsep desain dalam mengejawantahkan tema dalam suatu sudut pandang yang jelas.
- Lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam menyampaikan pesan.
- Karya harus mampu mengilustrasikan tema dan topic secara kreatif dan orisinal secara ide dan teknik animasi yang sesuai kaidah seni.
- Teknik pembuatan karya animasi dalam teknik modelling, pencahayaan, kelengkapan unsur animasi dan beragam teknik lainnya.
- Karya harus berasosiasi positif, tidak boleh mengandung unsur ras, politik, agama, pornografi, pornoaksi, serta tidak menjatuhkan/mendiskreditkan pihak tertentu.
- Secara umum, karya animasi yang dikirim tidak boleh mengandung elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan).
- Sinematografi, nilai artistik, nilai etika dari karya secara keseluruhan akan dinilai.
Kriteria penilaian yang digunakan pada babak penyisihan dan babak final secara umum sama, hanya berbeda pada penekanan pada tahap yang bersangkutan dan dibedakan pada bobotnya. Aspek ide/konsep lebih ditekankan pada babak penyisihan, sedangkan implementasi dan hasil akhir secara keseluruhan lebih ditekankan pada babak final.
Penilaian Babak Penyisihan
No | Kriteria | Bobot | Nilai (5 -10) |
1 | Ide / konsep / keaslian | 30% | |
2 | Konsitensi tema | 20% | |
3 | Kreativitas dalam implementasi | 20% | |
4 | Teknik (modelling/lighting/motion) | 20% | |
5 | Kekuatan pesan, artistic | 10% | |
Total Skor (Bobot x Nilai) = |
Penyisihan Babak Final
No | Kriteria | Bobot | Nilai (5 -10) |
1 | Ide / konsep / keaslian | 20% | |
2 | Konsitensi tema | 10% | |
3 | Kreativitas dalam implementasi | 25% | |
4 | Teknik (modelling/lighting/motion) | 25% | |
5 | Kekuatan pesan, artistic | 20% | |
Total Skor (Bobot x Nilai) = |
Contact Person | |
Mursyidah | +62 852-7763-3000 |
Amirullah | +62 852-7781-9145 |
1 tim maksimal berapa orang?
1 tim maksimal 3 orang, terdiri dari 1 ketua dan 2 anggota. Tks
Adakah batasan jumlah tim dari 1 sekolah?
Tidak ada batasan, 1 sekolah boleh mengirim banyak tim.
-merupakan karya orisinal dan tidak melanggar hak cipta-
Selama tidak melanggar hak cipta (copyright), apakah bisa menggunakan sedikit source dari internet seperti (property, karakter, dll) ?
Bisakah animasinya/kartunnya setengah? Hanya kepala sampai badannya saja, Apakah diperbolehkan